Belajar Paid to review ( Menulis di blog di bayar)

Posted by Dedy Saputra Saturday, June 20, 2009 2 comments
Bagi kebanyakan blogger mungkin sudah pada tahu apa itu paid to review (atau biasa disingkat dengan PTR). Namun perkenankanlah saya kali ini untuk mencoba menjelaskan tentang PTR kepada teman-teman kita yang masih belum mempunyai informasi awal tentang PTR.

Apa itu PTR (Paid to Review)?
Paid to Review merupakan salah satu program penghasil duit melalui internet dengan cara menulis review.

Siapa yang terlibat dalam PTR?
Yang terlibat dalam PTR ada 3 (tiga) pihak:

* Advertiser. Advertiser merupakan orang/pihak yang ingin memasarkan/mempromosikan situs/web/produk/bisnis-nya di internet. Advertiser ingin produk miliknya direview.
* Blogger. Blogger merupakan orang yang menulis review tentang produk si advertiser dan mendapat bayaran atas review yang dibuatnya. Syarat menjadi blogger untuk menulis review tersebut adalah memiliki blog. Kenapa harus blog? Karena memang reviewnya bakal dimuat di blog si blogger.
* Broker. Broker merupakan perantara antara Advertiser dan Blogger. Brokerlah yang mempertemukan antara advertiser dan blogger. Jika ada advertiser yang ingin mempromosikan produknya, maka brokerlah yang akan mencarikan blogger untuk menulis review. Jika ada blogger yang ingin mencari duit dengan cara menulis review, maka brokerlah yang akan mencarikan advertiser untuk si blogger.

Nah, begitulah penjelasan singkat tentang PTR yang saya simpulkan dari berbagai sumber. Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan lebih gamblang:

Anggaplah kini anda seorang blogger yang memiliki blog. Kemudian anda daftarkan diri Anda beserta blog Anda ke sebuah broker PTR. Kemudian pihak broker akan memeriksa data anda dan data blog Anda. Jika Anda lulus pemeriksaan, maka Anda berhak untuk menulis review. Namun jika Anda ditolak, itu berarti Anda kurang beruntung, atau Anda perlu menambah nilai jual (value added) blog Anda. Misalnya dengan meningkatkan PageRank dan Traffic.

Anggaplah blog Anda sudah di approve (diterima) oleh pihak broker. Kemudian Log In ke halaman dashboard broker dan silakan mencari advertiser di sana. Andaikan anda menemukan sebuah advertiser yang ingin mengiklankan produknya tentang ‘webhosting‘, maka segera ketik artikel tentang webhosting di blog Anda. Terkadang advertiser meminta beberapa syarat yang harus anda penuhi agar hasil review Anda diterima. Laksanakan syarat tersebut.

Setelah selesai menulis review, submit url artikel hasil review Anda tadi. Maka mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap tulisan Anda. Jika ditolak, maka Anda harus menulis ulang review tersebut, atau mencari advertiser lain. Namun jika review anda diterima, maka bersiaplah untuk mendapat bayaran.

Setiap broker dan advertiser memiliki syarat yang berbeda-beda dalam mengambil kebijakan dan keputusan mereka. So, sangat bagi kita untuk membaca syarat dan ketentuan yang mereka berikan. Misalnya saja ada broker yang mensyaratkan blog yang boleh didaftarkan kepada mereka haruslah blog yang berisi mayoritas artikel bahasa inggris. Maka itu artinya blog kita yang mayoritas isinya berbahasa indonesia belumlah layak untuk kita daftarkan pada broker tersebut.

Kita dibayar berapa?

Pertanyaan seperti ini barangkali yang Anda tunggu-tunggu. Bayaran untuk sebuah review yang anda tulis sangat beragam. BIsa jadi $1, $2, $5, $10, atau $100, atau bahkan lebih dari itu untuk sekali review. Saya pribadi ngikut paid review sejak oktober 2008 rata-rata mendapat job dari review seharga 9-10 dollar per-review. Namun jika mendengar cerita-cerita para master, mereka bisa mendapat bayaran hingga lebih dari $100 per-review.

Harga per-review bisa beragam seperti itu karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa saja ada advertiser yang berani membayar mahal untuk di review pada sebuah blog yang memiliki PageRank tinggi dan memiliki traffic yang padat. Namun tak jarang pula ada advertiser yang tidak memperhatikan hal itu.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Paid to review ( Menulis di blog di bayar)
Ditulis oleh Dedy Saputra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mrd33p.blogspot.com/2009/06/belajar-paid-to-review-menulis-di-blog.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

pencari cara sukses adsense said...

Bagaimana ya biar ramai dapat job di review ???

Dedy Saputra said...

@pencari cara sukses adsense: tingkatkan pagerank dan alexa rank...yang saya tau sich itu tergantung dimana qt ikutan review kalau di buyblogreview banyak jobnya tapi approvednya lama..

Post a Comment

Ricky Pratama's Blog support EvaFashionStore.Com - Original design by Bamz | Copyright of Tutorial , Bisnis.